Penyakit Jantung

Jantung adalah Organ vital pada tubuh yang terletak disebelah dada kiri dan mempunyai ukuran sebesar kepalan tangan masing-masing orang. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah keseluruh tubuh agar seluruh tubuh manusia dapat terisi darah secara merata, kenapa tubuh mahluk hidup harus dialiri darah??

Karena setiap sel-sel maupun jaring tubuh membutuhkan banyak sekali nutrisi agar dapat hidup maka dari itu darah yang dipompakan oleh jantung mengandung berbagai macam kandungan mulai dari air,nutrisi, vitamin dan sumber oksigen yang sangat dibutuhkan bagi sel-sel dan jaringan tubuh mahluk hidup. Sudah faham tentang apa itu jantung sekarang mari kita simak penjelasan pada macam – macam tanda gejala penyebab penyakit jantung pada pria dan wanita.

Macam-Macam Penyakit Jantung dan Penyebabnya

1. Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit yang paling  sering dan paling banyak diderita dari macam-macam penyakit jantung yang lain. Penyakit jantung koroner dikenal dengan sebutan nama The Silent Killer yang berarti pembunuh secara Perlahan, penyakit jantung koroner sendiri merupakan jenis penyakit tidak menular tapi menjadi penyebab kematian akibat penyakit jantung tertinggi didunia. Di negara Indonesia juga, penyakit jantung koroner  diperkirakan 30% kematian yang telah terjadi. Bahkan pada 5 tahun terakhir Penyakit jantung koroner sudah mengalami peningkatan yang drastis.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab penyakit jantung koroner yaitu dikarenakan sumbatan kolesterol lemak atau disebut Aterosklerosisi  pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai darah keseluruh tubuh menjadi tidak lancar dan suplai darah menjadi terhambat. Hal ini terjadi karena gaya hidup sesorang mulai dari makan, kebiasaan merokok dan juga malas berolah raga.

2. IMA ( Infark Miokard Akut )

IMA ( Infark Miokard Akut ) adalah kematian pada otot jantung  yang diakibatkan kelanjutan dari penyakit jantung koroner.

Penyebab IMA ( Infark Miokard Akut )

Penyebab IMA ( Infark Miokard Akut ) dari penyumbatan kolesterol dalam pembuluh darah otot dari jantung  akan mengalami kelemahan sampai kematian otot jantung.

3. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah saat jantung gagal memompa darah keseluruh tubuh sehingga pasokan darah keseluruh tubuh tidak terpenuhi dengan baik, bisa dibilang penyakit ini juga merupakan akibat dari penyakit jantung koroner.

Penyebab  Gagal Jantung

Penyebab Gagal Jantung  adalah bisa dibilang komplikasi dari penyakit jantung koroner atau bisa karena gaya hidup dan aktivitas yang berat, sehingga menyebabkan jantung menjadi gagal memompa darah keseluruh tubuh dan menyebabkan kematian.

4. Aritmia (Atrial Fibrilasi atau Fibrilasi Atrial)

Aritmia (Atrial Fibrilasi atau Fibrilasi Atrial)adalah gangguan irama kecepatan jantung dan pencetusnya adalah kelistrikan pada jantung yang menyebabkan irama pada jantung berubah secara drastis dan jantung gagal memompa, karena jantung sendiri dapat memompa dikrenakan adanya sisitem kelistrikan yaitu mulai dari SA Node, AV Node dan Serabut Purkinje yang merupakan penghasil listrik yang membantu jantung untuk berdetak dalam kehidupan jantung manusia

Penyebab Penyakit Jantung Aritmia (Atrial Fibrilasi) adalah terjadinya suatu keracunan alkohol yang terlalu banyak, hal ini lebih ditemukan pada peminum dan pada orang yang tidak suka olahraga, karena dengan olahraga sistem kelistrikan jantung akan tetap terjaga dan stabil.

5. Kelainan Katup Jantung

Kelainan Katup Jantung adalah jenis penyakit yang sering diderita pada bayi baru lahir maupun anak yang sudah dewasa dan orang tua, kelainan katup jantung sendiri sebagai pengontrol darah agar dapat berjalan baik sesuai alurnya, sehingga darah kotor dan darah bersih tidak akan tercampur. Anak atau orang dengan kelainan katup jantung ini biasanya akan mengalami gatal seluruh kulit dan juga perubahan warna kulit dan hal ini dapat meracuni tubuh.

Penyebab Kelainan Katup Jantung

Penyebab Kelainan Katup Jantung adalah jika ditemukan sejak lahir berarti terjadi kesalahan pada organ atau kelainan genetik dan jika ditemukan saat dewasa berarti terjadinya infeksi oleh virus maupun bakteri pada jantung  bisa juga oleh salah penggunaan obat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arung Tonra

Kematian

La Mappa Karaeng Rappocini Arung Tonra