Ring (cincin) Jantung

Ring jantung atau stent merupakan tabung kecil yang berperan penting dalam mengatasi penyumbatan pembuluh darah di jantung. Alat ini dipasang di dalam pembuluh darah yang tersumbat agar aliran darah tetap lancar.

Pemasangan ring jantung biasanya dilakukan pada penderita penyakit jantung koroner atau orang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan plak. Umumnya penumpukan plak di pembuluh darah disebabkan oleh kolesterol atau zat-zat lain di yang menempel di dinding pembuluh darah.

Dalam melakukan pemasangan ring jantung, awalnya dokter akan melakukan pemasangan keteter pada jantung. Kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah dari pangkal paha atau lengan.

Setelah kateter masuk, sebuah kabel penuntun kemudian dimasukkan untuk menuntun balon dan ring ke daerah yang bermasalah. Balon dalam keadaan kempis diletakkan di bagian luar kabel penuntun dan di lapisan terluar akan diletakkan ring atau stent.

Setelah berada di dalam, balon dikembangkan, sehingga ring juga ikut mengembang. Dengan demikian, rongga arteri yang sebelumnya tersumbat akibat penumpukan plak menjadi lebih lebar. Setelah ring terpasang, balon dikempiskan lagi dan dikeluarkan.

Pada umumnya, proses pemasangan ring jantung hanya memakan waktu 1-3 jam. Namun, selama proses persiapan dan pemulihan, pasien perlu menjalani rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arung Tonra

Kematian

La Mappa Karaeng Rappocini Arung Tonra