Manfaat Daun Kersen

Manfaat daun kersen atau talok ternyata jauh lebih ampuh sebagai obat herbal ketimbang buahnya. Daun kersen selain berkhasiat mengusir asam urat juga ampuh sebagai obat tidur alami. Selain itu daun kersen pun sudah dikenal sejak lama ampuh mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Tanaman kersen (Muntingia calabura) juga populer dengan nama talok, keres, kersem atau baleci. Tanaman ini juga terkenal dengan sebutan asing sebagai Singapore cherry.

Tanaman talok banyak tumbuh di sekitar kebun atau rumah tetangga. Bahkan sering ditemukan di pinggir jalan raya sebagai pohon teduh. Mungkin Anda pernah merasakan buah mungil ini karena rasanya manis dan berair. Namun banyak orang yang kurang mengetahui bahwa daunnya lebih berkhasiat.

Tanaman herbal ini diketahui kaya dengan kandungan nutrisinya yang cukup banyak. Diantaranya kandungan protein, karbohidrat dan lemak. Juga ada vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh.

Herbal ini juga mengandung sejumlah mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, betakaroten, tianin, niacin, dan riboflavin. Daun kersen juga mengandung senyawa saponin, flavonioda dan tannin yang bersifat anti tumor, antiseptik dan anti-inflamasi.

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Kandungan dalam daun keren membuatnya dikenal sebagai herbal yang berkhasiat obat. Berikut ini beragam manfaat daun kersen untuk kesehatan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Meredakan dan Mengatasi Asam Urat

Senyawa aktif dalam daun herbal ini juga efektif untuk meredakan dan mengobati asam urat. Rebus saja beberapa helai daun kersen dalam air hingga matang lalu saring dan minum airnya secara teratur.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat daun kersen untuk kanker juga ampuh karena kandungan flavonioda, tannin, dan saponin yang besifat anti kanker. Minum rebusan atau teh daun kersen bisa menghindarkan tubuh dari tumor dan kanker.

Mengobati Luka dan Infeksi

Daun kersen juga merupakan antiseptik yang ampuh membunuh mikroba bakteri. Kandungan saponin, tannin dan flavonoid baik untuk pengobatan luka dan mengatasi infeksi pada tubuh.

Meringankan dan Mengontrol Diabetes

Kandungan flavonoid dan saponin dalam daun kersen merupakan antioksidan yang mampu mendorong sekresi hormon insulin. Manfaat daun kersen untuk penderita diabetes juga dapat menurunkan kadar gula.

Menyembuhkan Penyakit karena Bakteri

Daun kersen juga berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Anda bisa membuat rebusan daun ini dan menyaringnya sebelum diminum secara teratur.

Mengontrol Tekanan Darah Hipertensi

Manfaat daun kersen untuk darah tinggi karena mampu mengontrol dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Minum rebusan teh daun kersen untuk menjaga agar tekanan darah tidak naik.

Menyembuhkan Flu dan Batuk

Penyakit flu dan batuk umumnya disebabkan oleh bakteri. Daun kersen diketahui bersifat antibakteri yang ampuh mengusir penyakit ini. Minum saja rebusan daun talok ini untuk mengatasi flu dan batuk.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun kersen juga ampuh dalam mengontrol kadar kolesterol. Kandungan kimia dalam herbal ini selain menangkal radikal bebas juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Menangkal Stroke

Daun kersen juga diketahui mengandung zat aktif yang mampu merangsang peroksisom proliferator (PPAR) dalam tubuh yang berguna untuk melancarkan metabolisme glukosa. Hal ini berguna untuk menekan dan menangkal serangan stroke.

Mengatasi Peradangan

Manfaat daun kersen juga karena kandungan vitamin C yang berguna untuk membantu mengatasi sakit radang. Minum rebusan herbal ini sangat efektif mengatasi panas dalam, nyeri pada tubuh maupun sariawan.

Mengatasi Insomnia dan Obat Tidur Alami

Sifat dingin meski agak sedikit pahit, daun kersen diketahui memberikan efek ketenangan pada tubuh. Minum teh daun kersen diketahui berkhasiat dan sangat baik untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia.

Untuk Diet dan Menyegarkan Tubuh

Daun kersen juga wajib menjadi bagian dari menu diet Anda karena mampu membantu menurunkan berat badan. Minum rebusan teh daun talok ini baik untuk segera mengembalikan energi tubuh setelah berolahraga.

Demikianlah berbagai manfaat daun kersen untuk kesehatan yang bisa dambil. Dengan herbal yang murah dan berkhasiat ini ada banyak penyakit yang bisa disembuhkan. (R9/HR-Online)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arung Tonra

Kematian

La Mappa Karaeng Rappocini Arung Tonra