Tajang "Cahaya"

Dilalenna tajanna puakku tettong malinrung di lino lettu ri akherat

Allah adalah cahaya langit dan bumi” (QS. An Nur: 35).

Syaikh Abdul Aziz bin Baz menjelaskan:

معنى الآية الكريمة عند العلماء أن الله سبحانه منورها فجميع النور الذي في السموات والأرض ويوم القيامة كله من نوره سبحانه. والنور نوران: نور مخلوق وهو ما يوجد في الدنيا والآخرة وفي الجنة وبين الناس الآن من نور القمر والشمس والنجوم، وهكذا نور الكهرباء والنار كله مخلوق وهو من خلقه سبحانه وتعالى.

Makna ayat yang mulia ini menurut para ulama adalah, bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala itu pemberi cahaya. Maka semua cahaya yang ada di langit dan di bumi, serta cahaya yang ada di hari kiamat kelak, semuanya adalah dari cahaya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dan cahaya itu ada dua:

Pertama, cahaya yang merupakan makhluk Yaitu cahaya yang ada di dunia, di akhirat dan di surga kelak, Termasuk cahaya yang dirasakan oleh manusia sekarang, baik itu cahaya bulan, cahaya matahari, dan bintang. Demikian juga cahaya lampu listrik dan cahaya dari api. Semua ini adalah makhluk-makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala.

أما النور الثاني: فهو غير مخلوق بل هو من صفاته سبحانه وتعالى. والله سبحانه وبحمده بجميع صفاته هو الخالق وما سواه مخلوق فنور وجهه عز وجل ونور ذاته سبحانه وتعالى كلاهما غير مخلوق بل هما صفة من صفاته جل وعلا.

Adapun cahaya yang kedua adalah cahaya yang bukan makhluk, namun merupakan sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala terpuji dengan segala sifat-Nya. Ia adalah Al Khaliq (pencipta) dan yang selain-Nya adalah makhluk. Cahaya wajah Allah dan cahaya dzat Allah, keduanya bukanlah makhluk, namun keduanya adalah termasuk sifat-sfat Allah Jalla wa ‘Ala.

وهذا النور العظيم وصف له سبحانه وليس مخلوقا بل هو صفة من صفاته كسمعه وبصره ويده وقدمه وغير ذلك من صفاته العظيمة سبحانه وتعالى، وهذا هو الحق الذي درج عليه أهل السنة والجماعة.

Inilah cahaya yang agung, yang Allah sifati diri-Nya dengan cahaya tersebut. Ia bukanlah makhluk bahkan termasuk dari sifat-sifat-Nya sebagaimana pendengaran-Nya, penglihatan-Nya, tangan-Nya, qadam-Nya, dan semisalnya yang merupakan sifat-sifat Allah yang agung. Inilah kebenaran yang diyakini oleh Ahlussunnah wal Jama’ah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arung Tonra

Kematian

La Mappa Karaeng Rappocini Arung Tonra