Cerita Perantau Bugis

Sejarah Lagoa, tidak ada yang tidak kenal, pendekar dari tanah Bugis yang bernama asli Labuang dg Passore, putra dari seorang panglima Perang Bone. Lagoa, adalah tokoh asli pendekar dengan kemampuan “mamenca’” (pencak silat) yang unggul dan kemudian merantau di Tanjung Priok pada masa pasca kemerdekaan dan mewarnai kehidupan keras tanah Betawi hingga akhir hayatnya. Di masanya, Lagoa sangat tersohor sehingga sampai kini namanya diabadikan menjadi nama salah satu jalan di kawasan Jakarta Utara.

Tokoh bugis yang lain di daerah Karangngantu yaitu Haji Rahimum, beliau adalah tokoh yang sangat disegani di daerah kampung bugis karangngantu, beliau memulai kiprahnya di rantauan di tanjung priuk kemudian bergeser ke daerah Banten ke daerah pelabuhan Karangngantu, beliau adalah pengusaha kayu yang cukup berhasil.

Kami sempat menjumpai beliau di akhir hidupnya dan bercerita bahwa perantau perantau yang mendiami daerah pesisir kawasan jakarta utara sampai banten, mereka mengenal tokoh besar yang sangat disegani dari Bone yaitu Andi Koke Petta Nambung, beliau adalah putra dari Arung Tonra Andi Palantei. Beliau Andi Koke Petta Nambung menghabiskan masa mudanya di daerah sinjai karena Beliau adalah menantu dari Arung Lamatti. Daerah daerah Balannipa, Tondong, Bulo Bulo adalah awal dari kiprah Beliau.

Haji Rahimum bercerita bahwa perantau dari Wilayah pesisir Bone sampai Sinjai mengenal Sosok Petta Nambung sebagai penguasa Ujunge. Di Karangngantu ini orang sinjai, Bulukumba, Bone mengenal Petta Nambung, Siapa yang tidak kenal Petta Nambung, sosok mappau tenribali.

Tokoh tokoh besar Tanjung priuk seperti Lagoa, Petta Nessa Ambo Lau termasuk saya (Haji Rahimum) adalah adalah anak buahnya Petta Nambung waktu masih di kampung, termasuk pendekarnya Tanjung Pandang Petta Ngangku sangat segan sama Petta Nambung.... Ucap Haji Rahimum 

Bahkan, kata Haji Rahimum, banyak orang di jawa ini menumpang nama besarnya Petta Nambung supaya namanya juga terangkat.

Silsilah Petta Nambung Andi Koke sebagai berikut Berawal dari Ayahanda dari Andi Palantei Petta Teppo yaitu Malukka Arung Bulu.
Malluka Petta Lura dengan Bua Timo (istri 1) lahirlah;
1. Tombong Petta Tjoppo (Petta Imang Tonra)
2. Palantei Petta Teppo
3. Mangile Pette Punna
4. Lenrong Petta Lolo
5. Loji Petta Tappu
6. Gano Petta tasa
7. Tjoppo Petta Meru
8. Mane Petta Lumu
Mallukka Petta Lura dengan Minong (Istri 2) Lahirlah:
1. Onga Petta Tiro
2. Kile Petta Tengnge
3. Embong Petta Bollo
4. Panaongi Petta Sampo
Adapun silsilah keluarga Andi Palantei Petta Teppo adalah sebagai berikut :
Pai Petta Cenning Isteri 1
1. Mitang Petta Puji
2. Muh Tahir Petta Rani
3. Muh Nur Petta Naba
4. Caga Petta Siga
5. Koke Petta Nambung
6. Abd Wahid Petta Limpo
Kasaming Petta Rennu Isteri ke 2
1. Andi Baso Petta Ngangku
2. Kangkong Petta Lolo
3. Toba Petta Tunru
4. Upe Petta Enre
Marhuma Petta Lara isteri ke 3
1. Andi Besse Petta Nisang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arung Tonra

Kematian

La Mappa Karaeng Rappocini Arung Tonra